Cerdas : Dua Inovator Cilik Sabet Juara Dua Lomba Kasanova katagori Masyarakat

Layar Independen, Tulungagung, 25 November 2021

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung, mengadakan kegiatan penganugerahan pemenang lomba Kreativitas dan Inovasi (KASANOVA) ke 2 pada tahun 2021. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Crown Victoria Tulungagung, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM, Ketua DPRD Tulungagung beserta Komisi 3, kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung beserta undangan, Rabu (24/11/2021).
Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung, Drs. Maryani, MM, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, mengharapkan masyarakat untuk terus melakukan inovasi di segala bidang sesuai dengan tupoksi dan kapasitasnya. “Inovasi daerah ini dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Pengukuran Indeks Inovasi Daerah” terang Drs. Martani, MM.
Sementara itu, Drs. Maryoto Birowo Bupati Tulungagung mengungkapkan pentingnya kreativitas dan inovasi, guna menunjang Information Teknologi apalagi di saat ini di era revolusi industri, teknologi informasi sangat berpengaruh di era Revolusi Industri 4.0 di segala bidang.
“Kreativitas IT merupakan kebutuhan, kalau kita mau maju, inovasi melalui teknologi memudahkan manusia dalam memproduksi, mengolah data dan menyebarkan informasi,” ungkap Drs. Maryoto Birowo.
Ditempat yang sama, Helyos Ageng Haqiqi Inovator cilik binaan dari Posyantek Kedung tekno ini, menjelaskan berawal dari pandemi dirinya bersama Maheswara Puwa Hadi Gautamadan mempunyai ide untuk membuat lampu otomatisasi jarak jauh, namun disela kesibukan merangkai lampu otomatisasi jarak jauh malah muncul ide direalisasikan ke sebuah kendaraan.
“Ide itu, muncul dengan sendirinya” ucap Hellyos.
Lebih lanjut, Hellyos juga mengatakan berawal dari informasi dirinya dan Maheswara mendaftar lomba kasanova yang di selenggarakan oleh Bappeda Tulungagung.
“Tidak menyangka kalau saya dan Maheswara mampu menyabet juara 2 (dua) lomba Kasanova katagori Masyarakat, padahal ilmu yang saya cari hanya otodidak melalui internet” tutup Hellyos. (Red)