Diduga Ketua Kopwan Bina Bhakti Selain Kangkangi Peraturan Menteri Koperasi Juga Akui Salah Gunakan Dana Hibah

Rumah Suwarni Bendahara Kopwan Bina Bhakti yang tampak sepi dan tertutup rapat

Layar Independen, Ponorogo, 14 November 2021

Ketua Koperasi Wanita (Kopwan) Wanita Bina Bhakti Desa Belang Kecamatan Bongkal Kabupaten Ponorogo di duga kangkangi peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang penyelenggaraan Rapat Anggota Koprasi, terutama di pasal 4 ayat 2. “Rapat anggota wajib dilaksanakan Koprasi paling sedikit satu kali dalam satu tahun buku, khusus nya untuk meminta keterangan dan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas dalam melaksanakan tugas”.
Siti Nurohmatin dikonfirmasi menerangkan bahwa Kopwan yang dipimpinnya selama ini dua kali mendapat kan dana hibah provinsi di tahun 2010 sebesar Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta) dan di tahun 2015 sebesar Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta), selain itu, selama tahun 2015 sampai 2018 tidak pernah kita mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).
“Selama empat tahun kita tidak pernah mengadakan rapat tahunan dan selain itu, saya juga menyalah gunakan dana hibah dengan cara meminjamkan ke tetangga yang bukan anggota” terang Siti Nurohmatin.
Lebih lanjut, Siti Nurohmatin juga mengatakan bahwa yang bertanggung jawab atas kepengurusan dari tahun 2015 – 2018 adalah Suwarni, karena Suwarni yang selama ini menjabat sebagai Bendahara Kopwan.
“Bendahara kopwan Suwarni dan dia yang seharusnya juga harus bertanggung jawab” kata Siti.
Sampai berita ini di tayangkan Suwarni sebagai bendahara Kopwan Bina Bhakti belum bisa dikonfirmasi. Pasalnya, saat di datangi dirumah nya Suwarni tidak ada di tempat. (Pri/Nggi)