Hampir Dua Bulan Tidak Terima Gaji Ribuan Karyawati Gelar Aksi Demo

Layar Independen

Magetan, 25 Maret 2020

Meskipun Kabupaten Magetan sudah termasuk zona merah dalam kasus Covid-19, namun demi kebutuhan perut ribuan karyawati PT. Bintang Inti Karya kemarin tanggal 24 Maret 2020 sekitar jam 20.00 WIB. Tetap melakukan demo di depan pabrik. PT. Bintang Inti Karya yang beralamatkan di Jalan Raya Maospati – Barat Desa Karangsono Kecamatan Barat Kabupaten Magetan yang bergerak di bidang pembuatan pakaian dalam, di duga telah melakukan pendholiman kepada ribuan karyawati nya. Pasalnya, upah ribuan karyawati selama satu bulan lebih belum terbayarkan, sehingga mereka melakukan aksi ditengah merebaknya virus Covid-19.

Yetik Sugiarti Karyawati PT. Bintang Inti Karya

Susi Susanti salah satu karyawati PT. Bintang Inti Karya ini, mangatakan bahwa awalnya ada pemberitahuan gaji diundur selama satu minggu dan para karyawan mengiyakan namu setelah lewat satu minggu saat dimintai diundur lagi.
“Saya hafal betul dengan mereka para mandor yang bersembunyi di dalam” ucap Susi Susanti.
Masih menurut, Susi Susanti dirinya bekerja di PT. Bintang Inti Karya sudah selama tiga (3) tahun, dan bila sampai ini nanti gaji kita tidak dibayarkan kita akan menduduki PT. Ini, sampai ada keterangan yang jelas.
“Dengan alasan tidak bisa transaksi dan ekspor, mereka menunda gaji dan hanya membayar hak karyawan setengah nya saja. Namun dalam pekerjaan kita selalu di tuntut dengan tarjet. Apabila tarjet tidak terpenuhi hanya umpatan dan kata – kata kasar yang kami terima” ungkap Susi Susanti.
Tidak jauh berbeda, Yetik Sugiarti pun juga menjelaskan bahwa selama satu setengah bulan gaji para karyawati belum juga terbayar penuh.

Susi Susanti Salah satu Karyawati PT. Bintang Inti Karya

“Hampir dua bulan kita belum terima gaji, padahal kita harus bayar kebutuhan rumah dan cicilan” kata Yetik Sugiarti.
Lebih lanjut, demi hak yang harus diterima nya dirinya akan bersatu bersama dengan karyawati lainnya.
“Kita akan bersatu demi menuntut hak kita”tutup Yetik Sugiarti.
Namun sampai berita ini ditayangkan dari PT. Bintang Inti Karya belum bisa dikonfirmasi. (JYS)

Leave a Comment