Suprayogi : Progam PTSL Sangat Membantu

Umum Uncategorized

Layar Independen

Madiun, 29 Februari 2020

Pemerintah Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun mendapatkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 1141 bidang.

PTSL yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Suasana Pendaftaran PTSL Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Suasana Pendaftaran PTSL Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Siswoto Ketua Kelompok Masyarakat Desa Porworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun membenarkan saat ini, desanya mendapatkan program PTSL sebanyak 1141 bidang dan sampai saat ini baru ada 700 bidang yang sudah terdaftar.

“Dari pagu 1141 bidang, baru 700 bidang saja yang sudah kita nyatakan siap untuk di ajukan” ucap Siswoto.

Lebih lanjut, pendaftaran PTSL yang dibuka pada tanggal 15 Januari lalu diharapkan bisa memenuhi pagu disaat pendaftaran ditutup.

“Pendaftaran kita buka tanggal 15 Februari, dan semoga pagu kita terpenuhi” harap Siswoto.

Sementara itu, ditempat terpisah Suprayogi Kepala Desa Porworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah atas adanya program PTSL, karena dengan adanya program tersebut masyarakat nya merasa terbantu.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah, karena sudah mengasih program PTSL ke desa kita” ucap Suprayogi.

Masih menurut, Kepala Desa Porworejo dengan adanya program tersebut biaya untuk pembuatan sertifikat menjadi lebih murah dari pada pengajuan perorangan.

“Yang, jelas masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah atas program PTSL” tutup Suprayogi. (Wit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *