Misteri Gagak Wuhan

 

Layar Independen

16 Februari 2020.

Menurut kepercayaan orang Jawa kuno, burung gagak bisa menjadi pertanda akan adanya seseorang yang akan meninggal dunia. Jika waktunya adalah sore menjelang maghrib, kemungkinan remaja yang meninggal. Jika waktunya pada malam hari, orang dewasa yang meninggal. Jika yang meninggal adalah orang yang tinggi ilmunya, maka suara burung gagak akan terdengar larut malam. Jika pada sepertiga malam, maka itu pertanda meninggalnya orang lanjut usia. Dan jika pada dini hari, berarti balita.

Sedangkan dalam Islam burung gagak juga disebutkan di dalam Alquran:

“Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi.” (QS. Al-Ma’idah ayat 30)

“Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: “Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.” (QS. Al-Ma’idah ayat 31).

Sementara itu, ilmuwan Heinrichdan Thomas Bugnyar dari Vermont University, Kanada dan St Andrews University, Skotlandia, mengatakan burung gagak memiliki kemampuan dan mental yang sangat baik untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam sebuah percobaan telah ditemukan burung gagak mampu membuat hewan lain bekerja dan mencari makanan untuk mereka. Gagak juga selalu berhasil mencari kreatifitas dan solusi logis dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Dari tulisan diatas, bila dijadikan satu antara kepercayaan, agama, dan penelitian, maka hampir bisa dipastikan, apa bila pembakaran mayat atau kremasi massal pasien meninggal akibat virus corona, di Wuhan, Cina tetap terus dilakukan maka virus itu, akan malah berkembang dengan cepat. Penulis, disini hanya bisa mengingatkan, lebih baik ikuti perintah Al-Qur’an.

Penulis : Yayuk Suprihayanti, S.Pd

Leave a Comment