Peresmian Gedung Perpustakaan Dan Sarasehan Literasi Bagi Penggiat Perpustakaan Magetan

Layar Independen

Magetan, 30 Desember 2029

Acara sarasehan literasi sebagai upaya pembinaan perpustakaan daerah digelar di Pendapa Surya Graha Magetan, Senin (30/12/2019).

Acara dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs.Muhammad Syarif Bando,MM, Bupati Magetan Dr. Drs.H.Suprawoto, SH. M. Si, Ketua Tim Penggerak Kabupaten Magetan,Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Magetan, Kepala Dinas Perpustakaan Magetan, Ngawi, Madiun,Pacitan, dan segenap undangan.

Bupati Magetan menceritakan bahwa peresmian gedung perpustakaan Kabupaten Magetan melalui beberapa renovasi seperti membongkar pagar tinggi yang sebelumnya menutupi perpustakaan serta memindahkan letak perpustakaan yang semula di lantai dua menjadi dilantai dasar yang keseluruhannya menjadi ramah pengunjung, disamping perpustakaan memiliki letak yang strategis. Bupati Magetan juga berkomitmen untuk terus memajukan Kabupaten Magetan sebagai Kabupaten Literasi.

Drs. Syarif Bando, MM kepala perpustakaan Nasional RI Saat Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Perpustakaan

Kepala Perpustakaan Nasional RI juga menjelaskan bahwa satu peluru bisa menembus satu kepala namun satu buku bisa menembus jutaan kepala dan milyaran pemikiran,pihaknya juga menghimbau bahwa sekecil apapun perbuatan tentang literasi mari dimulai, Ada 4 parameter literasi yakni kemampuan memgumpulkan informasi, memahami informasi yang tersirat maupun tersurat, kemampuan mengemukakan ide serta kemampuan menghasilkan barang atau jasa sesuai informasi dan pengetahuan yang dimiliki.

Selain peresmian gedung perpustakaan Kabupaten oleh Kepala Perpustakaan Nasional rangkaian acara literasi lainnya yakni diserahkan Mobil Perpustakaan Keliling dari Kepala Perpustakaan Nasional RI pada Perpustakaan Magetan, pengukuhan bunda literasi Kabupaten Magetan sebagai figur literasi sekaligus garda terdepan dalam menghidupkan budaya literasi, penyerahan kartu tanda peserta keanggotaan perpustakaan serta penyerahan hadiah lomba literasi.

Tak ketinggalan pula pameran hasil karya putra daerah dengan dipajangnya koleksi buku sebanyak 450 judul dari 328 penulis asli Kabupaten Magetan. (Sof)

Leave a Comment