Kebutuhan Internet Di Masa Kini

Layar Independen

24 november 2019

Byas Ageng Haqiqie Mahasiswa Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Dengan awalnya munculnya internet di tahun 1969 melalui project ARPANET hingga kini kebutuhan internet menjadi salah satu kebutuhan primer untuk masyarakat global. Internet juga membantu sektor sektor bidang lain, seperti jual beli pun sekarang sudah menggunakan sistem online dimana semua sistem dan pembayaran dilakukan secara online dan pastinya menggunakan internet.
Apasih internet itu? Jika dilihat definisinya yang diambil dari wikipedia yaitu seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global. Dengan intenet kita dapat dengan mudah terhubung dengan kolega atau keluarga kita yang berada di tempat yang jauh, sehingga koneksi kita tetap terjaga dan tidak kehilangan informasi. Apabila kita ketinggalan atau kehilangan informasi sedikit saja pada masa kini, maka itu merupakan sebuah kerugian besar untuk kita. Contoh sebuah perusahaan besar akan kehilangan profit apabila tidak dapat meng-update apa apa saja yang sedang dilakukan pada perusahaannya.
Hingga saat kini telah dikembangkan Internet Of Things, yaitu dimana semua device dapat terhubung dengan satu koneksi yang dapat kita kontrol dengan satu device yang bersifat realtime dan dapat di kontrol dari jarak dimanapun sepanjang kita masih terhubung di internet. Lampu lampu jalan yang menggunakan IOT juga digunakan untuk penghematan sumberdaya listrik. Loh kok bisa? Karena pengguaan IOT ini pengontrolan jadi setiap lampu yang tidak digunakan dapat mati atau dimatikan secara otomatis melalui satu device yang terhubung dari internet. Pengotrolan sendiri dapat dilihat seperti melihat tegangan listrik yang di terima dari panel surya yang digunakan dan beberapa sensor yang dapat mendeteksi apakah lampu jalan tersebut waktu nya hidup atau mati.
Internet pun berkembang dari kecepatan yang tidak terlalu tinggi hingga kini dapat mencapai 5G. Bayangkan kita dapat mendapatkan informasi Negara lain dari Indonesia hanya dengan hitungan detik, dengan begitu keberadaan internet ini sangat amat penting untuk kehidupan masyarakat global di era sekarang.
Namun tak hanya segudang manfaat dari internet, banyak juga dampak negatif yang dihasilkan oleh adanya internet ini. Karena kita dapat dengan mudah terhubung dengan orang lain maka dengan itu dapat dengan mudah dapat menyebarkan informasi kepada orang orang melalui platform tertentu. Informasi yang disebar ini kadang merupakan informasi yang salah atau keliru atau yang dapat merugikan orang lain atau dapat kita sebut dengan Hoax. Selain itu masih banyak hal buruk yang dapat dihasilkan oleh internet apabila penggunanya tidak menggunakan dengan bijak. Pencurian uang dalam ATM nasabah nasabah bank juga menggunakan internet yang bisa kita kenal dengan sebutan carding , jadi kita berbelanja sesuka kita namun uang untuk transaksi merupakan uang dari rekening orang lain. Dengan adanya internet hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah.
Dengan adanya hal negatif yang dapat berlaku diatas maka pemerintah Indonesia telah membuat peraturan yaitu Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik(UU ITE) yang kapan saja dapat menjerat pelaku kejahatan dan penyalahgunaan internet sendiri. UU ITE sendiri melindungi pelaku internet sehingga kita tidak ragu lagi untuk memanfaatkan internet sebaik mungkin, dan untuk memajukan bangsa dan negara.
Saya Byas Ageng Haqiqie merupakan Mahasiswa informatika Universitas Muhammadiyah Malang siap untuk menggunakan internet sebagai kepentingan riset serta pendidikan untuk menambah pengetahuan bagi seluruh bangsa, dan siap untuk ikut mengembangakan teknologi yang berhubungan dengan internet.

Leave a Comment