Alfa Salam Semakin Sukses Dalam Bidang Pendidikan

Layar Independen

Tulungangung, 06 November 2019

Yayasan Alfa Salam merupakan, yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan berdiri tahun 2 Maret 2008. Yayasan Alfa Salam yang didirikan oleh Suprapto,S.pd awalnya cuma memiliki satu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Suprapto, S.Pd tanpa mengenal lelah dalam membantu program pemerintah dalam mensukseskan wajib belajar. Kini, Yayasan Alfa Salam yang berkatorĀ  di Desa Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung semakin berkembang.


Suprapto, S.Pd menerangkanĀ  pada awalnya Yayasan Alfa Salam cuma memiliki satu (1) kelompok belajar, dan dengan beriringnya waktu Alfa Salam kini sudah memiliki sepuluh (10) kelompok belajar.
“Pada tahun 2008 kita cuma memili satu (1) PKBM dan sekarang sudah menjadi sepuluh (10) kelompok belajar yang tersebar di beberpa kecamatan di Tulungagung” ucap Suprapto, S.Pd.
Lebih lanjut, Yayasan Alfa Salam ini, memiliki visi : membentuk generasi bangsa yang berilmu, beriman, bertakwa, berbudaya, trampil, mandiri, sehat dan bahagia yang berkarakter islami.
Sedangkan misi :
1. Memberikan bimbingan dan pelayanan pendidikan serta pengajaran kepada masyarakat.
2. Terciptanya masyarakat yang gemar membaca.
3. Memberikan pendidikan ketrampilan (Life Skill).
4. Memberikan pelayanan dan bimbingan agama.
5. Membuka gerbang informasi positif kepada masyarakat dan mengembangkan kelompok – kelompok usaha dalam pemberdayaan masyarakat untuk membantu peningkatatan taraf hidup masyarakat.
6. Memobilitasi sumberdaya dan partisipasi masyarakat dalam upaya mendukung penyelenggaraan program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, untuk pemberdayaan potensi dan msnggerakan pembangunan di bidang sosial, ekonomi dan budaya.

PKBM “ALFA SALAM”

Adapun tujuan didirikan Yayasan Alfa Salam ini, diantaranya.
1. Sebagai wahana guna meningkatkan potensi pemuda dan penudi pada umum nya dan khususnya mereka yang putus sekolah.
2. Melayani warga belajar supaya dapat tumbuh dan berkembang sedini mungkin dan sepanjang hayat nya guna meningkatkan martabat dan mutu kehidupan.
3. Membina warga belajar agama memiliki pengetauan, ketrampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk menjadi manusia – manusia mandiri yang mampu mengembangkan diri mempunyai spirit dan jiwa kewirausahaan, bekerja mencari nahkah atau melanjutkan ketingkat dan / atau jenjang yang lebih tinggi.
4. Memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dipenuhi dalam jalur pendidikan sekolah formal.

Kegiatan kelompok belajar pucanglaban kecamatan pucanglaban belajar membuat jahe instan

a. Sebagai wahana guna meningkatkan potensi pemuda dan pemudi pada umumnya dan khususnya bagi mereka yang putus sekolah dan berniat untuk dididik dalam bidang kejuruan atau ketrampilan.
b. Melayani warga belajar supaya dapat tumbuh dan berkembang sedini mungkin dan sepanjang hayat nya guna meningkatkan martabat dan mutu kehidupan.
c. Membina warga belajar agar memiliki pengetauan ketrampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk menjadi manusia – manusia mandiri yang mampu mengembangkan diri mempunyai spirit dan jiwa kewira usahaan hekerja mencari nafkah atau melanjutkan ketingkat dan / atau yang lebih tinggi.
d. Memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dipenuhi dalam jalur pendidikan sekolah formal.
Sementara itu, ditempat yang berbeda Sumiatun salah satu warga belajar yang tegabung dalam PKBM Desa Pucanglaban kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung menjelaskan dengan ada nya PKBM Alfa Salam ini, dirnya sangat berterimakasih, karena sangat banyak maanfaat yang didapat.

Hasil Kegiatan
Ketrampilan rias kelompok belajar kaligentong kecamatan pucanglaban

“Dengan ada nya PKBM ini, sangat banyak maanfaat nya, diantaranya. Masyarakat yang mengikuti dapat mendapatkan ilmu pengetauan yang berkelanjutan, meningkatkan keilmuan, pengetauan, dan skil sebagai bekal dan penunjang yang lebih baik. Selain itu, warga belajar mempunyai legalitas yang sama dengan pemegang ijasah pendidikan formal” terang Sumiatun. (YSH)

Leave a Comment