Hippa Tirto Bogo Bangun Irigasi

Layar Independen

Madiun, 03 November 2019

Himpunan Petani pengguna Air (HIPPA) Tirto Bogo Desa Klorogan Kecamata Geger Kabupaten Madiun mendapapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Sebedar Rp. 195.000.000,-(Seratus Sembilan Puluh Lima Juat Rupiah). Bantuan sebesar itu, digunakan untuk membuat irigasi sepanjang 395 meter, yang terletak di Sawah Sedah Desa Klorogan. Irigasi yang dibuat oleh Hippa Tirto Bogo ini, mampu untuk mengaliri sawah seluas 52 Hektar.

Drs. Juprianto. M.Si Kepala Desa Klorgan Saat Meninjau Bangunan Irigasi

Suyono Ketua Himpunan Petani Penguna Air (HIPPA) Desa Klorogan menjelaskan bahwa dirinya sangat berterima kasih. Pasalnya, dengan dibangunya irigasi ini, bisa mendongkrak hasil panen para petani.


“Saya harap dengan dibangunnya irigasi ini, hasil panen para petani bisa meningkat” kata Suyono.
Drs. Juprianto. M.Si Kepala Desa Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun menjelaskan dengan adanya bantuan dari das bengawan solo sangat membantu para petani. “Biasanya dimusin kemarau atau yang disebut gadu kedeua oleh para petani, petani sangat kesulitan untuk mendapatkan air, guna mengairi sawah”terang Drs. Juprianto. M.Si.
Lebih lanjut, dengan adanya bantuan dari Das solo ini, diharapkan para petani tidak akan mengeluh di musim kemarau tentang masalah air.

Bangunan Irigasi HIPPA Tirto Bogo Desa Klorogan Kecamat Geger Kabupaten Madiun

“Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).
P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawa cita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan”tutup Drs. Juprianto. M.Si. (Dp/Red)

Leave a Comment