Para Petani Pengguna Air Desa Sangen Buat Irigrasi

Layar Independen

Madiun, 24 Oktober 2019

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM). P3-TGAI merupakan lanjutan dari Program P4-ISDA yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan sekarang berganti nama menjadi P3-TGAI, walaupun demikian maksud dan pelaksanaannya hampir sama. Yaitu, untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian.

Irigasi Yang Di Bangun Oleh HIPPA Desa Sangen

P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil dibawah 150 ha dengan melibatkan langsung P3A. Dalam pelaksanaannya kegiatan P3-TGAI didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM). Selain itu kegiatan P3-TGAI ini juga merupakan program padat karya tunai, manfaat untuk masyarakat diperdesaan cukup besar karena dapat menambah uang yang beredar dimasyarakat sehingga diharapkan daya beli masyarakat juga semakin meningkat.

Irigasi Yang Di Bangun Oleh HIPPA Desa Sangen

Agus Purwanto Ketua Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, membenarkan bahwa HIPPA Desa Sangen mendapatkan bantuan program P3 – TGAI sebesar Rp. 195.000.000,- (Seratus Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah), anggaran sebesar itu digunakan untuk membuat irigasi sawah, yang terletak di sawah Stup.
” anggaran itu, kita gunakan untuk membuat irigrasi, yang terletak disawah stup. Adapun panjang irigasi mencapai 604 meter, kedalaman 60 meter, lebar atas 70 meter, lebar bawah 60 meter dengan lantai cor” terang Agus Purwanto.
Lebih lanjut, selain mengucapkan trimakasih kepada pemerintahan pusat yang telah memperhatikan nasib para petani desa, sehingga mau mengucurkan bantuan untuk pembuatan irigasi, dirinya juga berharapkan nantinya hasil panen para petani bisa melimpah.

Irigasi Yang Di Bangun Oleh HIPPA Desa Sangen

“Secara pribadi maupun atas nama kelompok HIPPA Desa Sangen saya ucapkan trimakasih, atas bantuan pemerintah pusat yang diberikan kepada HIPPA kami. Dengan ada nya bantuan tersebut yang pastinya nanti akan mampu untuk mengairi lahan sawah seluas 5 HA. Dengan terari sawah seluas itu, diharapkan hasil panen para petani bisa semakin meningkat” tutup Agus Purwanto. (Dp/ Red)

Leave a Comment