Kades Kaibon Tantang Dan Cemooh Kepala Desa Yang Mengadakan Ritual Bersih Desa

Layar Independen

Madiun, 25 Agustus 2019

Muhamad Sinto. S.pd adalah Kepala Desa Kaibo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun yang terkenal selalu bikin ulah entah dimanapun berada dan dengan cara apapun, hal ini seringkali menjadi sorotan bagi Kepala Desa – Kepala Desa lain nya. Belum lama ini, Muhamad Sinto. S.pd membikin ulah di pendopo Kabupaten Madiun dengan cara duduk di kursi dan kaki di selonjokan di meja. Hal itu, merupakan sesuatu perbuatan yang melanggar tata susila adat jawa, apalagi itu dilakukan di Pendopo Kabupaten oleh seorang Kepala Desa, yang seharusnya seorang Kepala Desa mampu memahami tata susila, azaz kehidupan serta ke sopan santunan dalam kehidupan se hari – hari. Belum begitu reda permasalahan itu, kini Muhamad Sinto. S.Pd Membikin resah para penghuni Grup WhatsApp Demang Geger dengan statement nya. Di mana statment itu, seolah – olah dengan sengaja menghina dan mencemooh desa – desa yang mempunyai adat bersih desa.
Padahal di dalam adat jawa banyak menyimpan petuah – petuah dan filosofi – filisopi tingkat tinggi.


” Bar Wayangan krinan kabeh ayo ngrobah tradisi bersih deso sing bau bau mengarah ke larangan agomo Kades wani pora yo Karena nek ikut mendukung podo karo yo rawani mengubah budaya”. Kutipan tulisan diatas merupakan statement Muhamad Sinto. S. Pd Kepala Desa Kaibon yang terhormat di grup WhatsApp Demang Geger.
Muhamad Sinto. S. Pd, di konfirmasi melalui WhatsApp hanya mengatkan. “Kok oleh king pundi mas, Masuk gruop geh” tulis Muhamad Sinto. S. Pd. Bersambung di edisi Komentar Kepala Desa Dan Dari Kebudayaan (Red)

Leave a Comment