Satu – Satunya Observasi Bagi Hewan Di Jawa Timur Barat

Wisata

Layar independen,

Madiun,19 juni 2019

Umbul, sudah tidak asing di telinga masyarakat Madiun, Umbul terkenal dengan taman wisata yang terletak di Dusun Umbul Desa Glonggong kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.

Lokasi Pemeliharaan Satwa Dan Beberapa Jenis Hewan Yang Akan Ber Selfi Dengan Pengunjung

Akan tetapi masih banyak masyarakat Madiun yang belum tau tentang Umbul, Umbul dulunya bernama pemandian air panas Umbul dan sekarang menjadi Umbul square. Berdasarkan cerita legenda setempat, Umbul berasal dari bahasa jawa yang artinya muncul atau timbul, Umbul tempat munculnya putri cantik jelmaan dari seekor cacing dari sebuah mata air yang kemudian menjadi ratu di Gelang. Sampai sekarang sumber mata air itu masih bisa di lihat di area Umbul square, Mata air tersebut sejatinya adalah sumber mata air panas yang gelembung-gelembungnya (m)umbul atau muncul ke permukaan.

Lokasi Pemeliharaan Satwa Dan Beberapa Jenis Hewan Yang Akan Ber Selfi Dengan Pengunjung

Selain terdapat sumber air panas, di Umbul Square terdapat pula benda purbakala. Benda-benda purbakala tersebut berada satu tempat dengan sumber mata air panas, dan kemungkinan merupakan temuan di sekitar Desa.
Benda-benda purbakala yang berada di Umbul Square di antara nya adalah, Sandung atau Miniatur Rumah, yang kondisinya masih utuh, 2 (Dua) buah Arca Nandi, namun kepalanya sudah hilang, Arca Manusia, namun pahatanya sudah aus, Umpak dengan bentuk persegi empat, Jaladwara (saluran air) dengan bentuk makara, fragmen Yoni, Bakalan Arca atau arca belum jadi.

Lokasi Sejarah Umbul

Menurut R. Afri Handoko, S. Sos,.M.Si Direktur Umbul Square, setiap tahun yang tepatnya di bulan syuro selalu di adakan prosesi selamatan di area situs tersebut yang dipimpin sesepuh Dusun Umbul yang bernama Mbah Irsyad, acara selamatan di ikuti para karyawan Umbul Square dan warga setempat.
Tidak kalah menarik lagi selain petilasan, Umbul Square juga punya ikon satwa jinak yang biasa di ajak foto selfy dan bermain oleh pengunjung, terutama bagi anak-anak.
Binatang – binatang tersebut meliputi ; Ular, Buaya, Burung Elang, dan masih banyak lainnya.
Selain untuk berwisata Umbul Square juga di jadikan sarana observasi bagi hewan-hewan yang dilindungi pemerintah dan menjadi satu-satunya di Jawa Timur bagian barat, seluruh jumlah satwa saat ini memcapai 176 ekor. Itu, terdiri dari bermagai macam jenis.
Umbul Square juga masih meningkatkan wahana bermain bagi pengunjung, yaitu water boom.
“Umbul Square bisa menjadi pilihan utama Masyarakat untuk berwisata, baik itu kluarga maupun kelompok. Harga tiket masuk di Umbul Square juga tergolong murah. Yaitu, Rp. 5000,- untuk hari biasa dan Rp. 10.000 untuk hari libur.

Aula Umbul Yang Bisa Di Jadikan Tempat Acara

Selain untuk berlibur Umbul Square biasa di gunakan untuk acara reoni bagi masyakat yang bertempat di aula” terang R. Afri Handoko, S. Sos,.M.Si. (JYK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *