Dana Desa Tahap Awal Untuk Pemasangan Sibel

Kabar Desa

Layar Independen

Madiun, 28 Mei 2019

Masyarakat Desa Kertosari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun mayoritas penduduk nya berpenghasilan dari bertani. Kini masyarakat tersebut bisa bernafas dengan lega. Pasalnya, Pemerintahan Desa Kertosari menganggarkan dana desa untuk pemasangan sibel di dua lokasi, yang diperkirakan mampu untuk mengairi lahan sawah seluas kurang lebih 90 hektar.

Basuki Rahmat, Kesra Desa Kertosari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Lokasi pesangangan sibel yang pertama terletak di area sawah Gajah Moling yang terletak di barat Jalan Raya Madiu – Ponoro, sedangkan sibel yang satu nya terletak di area sawah Dorokandang.
Basuki Rahmat, Kesra Desa Kertosari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun menerangkan bahwa, dengan ada nya sibel tentunya sangat membantu para petani untuk meningkatkan penghasilan.
“Diharapkan dengan ada nya sibel bisa mendongrak perekonomian para petani” harap Basuki Rahmat.
Terusnya, pemasangan sibel di dua titik area sawah tersebut menelan biaya sebesar Rp. 148.000.000,-(Seratus Empat Puluh Delapan Juta Rupiah). Dan dana sebesar itu, dianggarkan dari dana desa (dd) tahap pertama.
“Pemasangan sibel anggarannya kita ambilkan dari dana desa” kata Basuki Rahmat.

Basuki Rahmat Saat Melihat Sibel Yang Terletak Di Sawa Gajah Moling

Lebih lanjut, selama belum ada sibel yang berfungsi untuk mengairi sawah para petani selalu mengandalkan gilir air dari PG. Pagotan, yang tentunya air tersebut tidak mencukupi untuk mengairi sawah.
“selama ini, mereka mengandalkan air gilir dari PG. Pagotan. Apa lagi gilir para petani cuma selama 23 menit perkotak, selain itu gilir juga dibagian ekor. Jadi air sangat tidak mencukupi dan berakibat pertumbuan padi menjadi terganggu” tutup Basuki Rahmat. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *