Lukisan Berbahan Batu Permata Hasil Karya Budi Santoso

Layar Independen

Kulon Progo, 16 April 2019

Sejak dahulu batu permata selalu banyak digemari dan diburu oleh manusia, untuk di jadikan hiasan. Dan beberapa tahun yang lalu batu permata yang banyak jenisnya ini, merupakan bagian dari kristal mineral yang telah dipotong dan dipoles untuk dijadikan perhiasan, dan sempat booming. Bukan cuma dari kalangan atas saja yang tergila – gila dengan jenis batu permata ini, batu permata diburu untuk di jadikan akik, dan di pasang sebagai pemanis cicin yang melingkar dijari.
Kini setelah pamor batu permata yang dijadikan akik meredup, ditangan Budi santoso, batu permata disulap dan ditata sehingga menjadi sebuah lukisan yang menjadi nilai jual tinggi.
Budi Santoso pengrajin lukisan dari batu permata, asal Kampung Bangeran Kalurahan Bumirejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo, saat di jumpai, menjelaskan bahwa dirinya memulai usaha sebagai pengrajin batu permata sejak tahun 1993. Selama ini, sudah banyak lukisan dari batu permata yang dihasilkan.
“Sudah banyak yang saya lukis, dan di antaranya adalah Almarhum Soeharto mantan Presiden Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono. dan dari tokoh pewayangan ada Hanoman, Gatut Koco, dan Jaka Tarup” tutur Budi Santoso. Masih menurut, Budi Santoso batu permata untuk bahan membuat lukisan didatangkan dari beberapa daerah yang ada di Indonesia antara lain, Pacitan, Garut, dan Kalimantan. Lukisan dengan ukuran 80 Cm × 100 Cm, dirinya menyelesaikan dengan jangka waktu dua samapai tiga bulan, semua tergantung dari tingkat kesulitan dan warna batun yang digunakan. Sedangkan Lukisan dengan ukuran tersebut, dirinya memberi bandro sebesar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta) sampai Rp. 250.000,000 (Dua ratus Juta).
” Untuk menjalankan usaha ini, saya dibantu oleh Amprih, Laryo, Aseng dan wahyu, empat orang tersebut sebagai karyawan saya. Saya sangat senag menjadi pengrajin lukisan dari batu permata ini, karena bisa menafkahi anak dan istri saya” jelas Budi Santoso.

Hasil Lukisan Berbahan Dasar Dari Batu Permata


Lanjutnya,” selama ini, para pembeli lukisan berasal dari Jakarta, Bandung, Sumatra dan Kalimantan. Selain ini, saya juga akan membuat pameran lukisan dari batu permata” tutup Budi Santoso. (Darto)

Leave a Comment