Masyarakat Adakan Swadaya Benahi Talud Jembatan Yang Ambrol

Layar Independen

Madiun, 10 April 2019

Talud Jembatan penghubung antar kecamatan, antara Kecamatan Geger dan Kecamatan Dagangan milik Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun. Yang tepatnya berada di Desa Kertosari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, pada tanggal 06 Maret 2019, terjadi ambrol. Ambrolnya talud jembatan tersebut selain karena faktor usia, diduga cuaca exstrim telah memberi kotribusi besar.

Talud Sementara Hasil Swadaya Masyarakat

Suparman Kepala Dusun (Kasun) Beduk Desa Kertosari Kecamatan Geger menjelaskan bahwa, dengan ambrol nya talud tersebut. Masyarakat harus berjalan mutar dengan jarak tempuh yang lebih jauh, dan akhirnya masyarakat mengambil inisiatif mengadakan swadaya, untuk membuat talud sementara. Sebelum talud jembatan diperbaiki oleh dinas. Hal ini, dilakukan oleh masyarakat karena selain untuk mengantisipasi jatuhnya korban yang melintas di jembatan juga memudahkan masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari – hari.

Papan Pengumuman Swadaya Masyarakat

“Swadaya yang terkumpul sebesar Rp.15.140.000, (Limas Juta Seratus Empat Puluh Ribu Rupiah), sedangkan yang berbentuk matrial : 4 dum truck pasir, 50 sak semen, 400 biji karung” tutur Suparman. Masih menurut Suparman ambrol – nya talud jembatan tersebut selain usia talud jembatan yang sudah tua, diduga talud tersebut tidak kuat menahan volume air, yang pada saat itu terjadi hujan hampir 2 hari.

A. Heru Sulaksono Kepala Bidang Jembatan Dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun

“saya berharap tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun bisa segera membenai talud tersebut” harap Suparman.
Sementara, A. Heru Sulaksono Kepala Bidang Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun, dikonfirmasi menjelaskan bahwa, dirinya akan berusaha untuk tahun ini, talud tersebut bisa dibenahi.
“kita akan berusaha semaksimal mungkin, entah itu nanti melalui PAK atau kita mintakan bantuan ke Dinas Pekerjaan Umum Provinsi”terang A. Heru Sulaksono.

Suparman Kasun Beduk Desa Kertosari (Memakai Hem Putih)

Masih menurut Kabid Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun diperkirakan anggaran untuk perbaikan tangkis tersebut sebesar Rp. 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah). (Jyk)

Leave a Comment