Melalui Dinas Peternakan Dan Ketahanan Pangan, Pemda Pasuruan Berikan Bintek

Layar Independen

Pasuruan, 17 Desember 2018

Masa pancaroba yang biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang. Ini, sangat berpengaruh pada produktifitas unggas maupun kesehatan unggas, dalam rangka meningkatkan dan mendongkrak produktifitas unggas akibat pengaruh perubahan iklim, Dinas Peternakan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, memberikan bimbingan teknis (Bintek) yang diadakan di lima kecamatan diantaranya meliputi Kecamatan Pandaan, Kecamatan Prigen, Kecamatan Purwosari, Kecamatan Gondang Wetan, Kecamatan Grati. Peserta bintek yang di bagi perkelompak dalam satu wilayah ini, selain mendapatkan petunjuk bagaimana cara merawat unggas yang benar mereka juga mendapatkan  bantuan berupa vitamin, obat malaria, obat lalat, dan disinfiktan. Penjelasan yang lebih jelas serta teknis – teknis kepada peternak kemitraan unggas.

Tentang tata cara merawat, memelihara, dan menjaga kesehatan hewan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi datangnya perubahan musim yang berpengaruh terhadap produktifitas unggas. Peternak harus bisa mengatur suhu didalam kandang terutama dalam hal pelembapan, karena suhu dalam kandang sangat berpengaruh terhadap penyakit. Selain itu, pengaturan pola makan juga sangat diperhatikan karena berdampak terhadap prduktifitas ayam.
Maskuen, S.P.T salah satu narasumber dari PT. Medion, menjelaskan bahwa masyarakat pada kususnya banyak yang mengeluh atas ketidak pahaman tata cara memelihara unggas secara signipikan.
“Dengan adanya bintek ini, kita memberikan berbagai solusi alternatip yang sangat” terang Maskuen, S.P.T
Hajah Ana salah satu staf dari Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan mengatakan, solusi alternatip dari pengganti AGP dan informasi terbaru adalah  pembuatan pakan medis yang mengandung antibiotik khusus dengan penyederhanaan ukuran makan antibiotik.
” bintek kali ini bertujuan untuk kesuksessan terhadap peternak menuju peternak berkualitas unggul serta mampu bersaing di Kabupaten Pasuruan” kata Hajah Ana. (Herman)

Leave a Comment