Dana Desa Untuk Makmurkan Petani

Layar Independen

Madiun, 11 Desember 2018

Petani merupakan salah satu pengusaha yang tidak kenal gulung tikar, walau harga pupuk melambung dimusim tanam, dan disaat panen harga gabah menurun. Dalam, hal ini pemerintahan Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun memahani betul dengan keadaan petani di desa nya. Maka dari itu, pemerintahan Desa SangenĀ  melalu Dana Desa (DD) tahapa akhir menganggarkan dana sebesar Rp. 99.000.000 (Sembilan Puluh Juta Rupiah). Guna pembuatan rabat jalan usaha tani yang berada di sawah swates dengan panjang jalan 320 meter, lebar 2,5 meter, tebal 12 centi meter. Sedangkan pekerjaan nya pun dikerjakan dengan cara Padat Karya Tunai (PKT). Untuk memperjuangkan nasip para petani ini, bukanlah hal yang sangan mudah, karena ini juga melalui penyaringan – penyaringan yang sangat ketat.

Pekerjaan Rabat Jalan Sawah Swates Desa Sangen
Pekerjaan Rabat Jalan Sawah Swates Desa Sangen

Sarjono ketua Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan Desa (PTPKD), Desa Sangen menjelaskan bahwa mekanisme untuk melakukakan suatu pekerjaan ini, tidak semudah membalik telapak tangan. Karena ini harus di adakan penjaringan ke masyarakat, serta diadakan rapat.
“Alhamdulilah, rabat jalan sawah swates bisa dikerjakan” ucap Sarjono.
Selain itu, Sarjono juga menjelaskan bahwa maanfaat dari rabat jalan sawah sangatlah banyak, kegunaan tentunya di bidang ekonomi masyarakat itu sendiri.

Sarjono Ketua PTPKD Desa Sangen Saat Memantau Pekerjaan Rabat Jalan Di Sawah Swates

“Maanfaat dari rabat jalan sawa itu, jelas. Dengan mudahnya petani untuk melakukan aktifitas disawah maka akan berimbas dengan perekonomian bagi petani, dan setelah kesejahteraan mereka cukup maka, tidak akan ada lagi nama nya kesenjangan sosial” tutup Sarjono.

Leave a Comment